Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Komala Sari
dc.date.accessioned2013-12-08T04:03:40Z
dc.date.available2013-12-08T04:03:40Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204294
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6157
dc.description.abstractPendidikan merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat manusia untuk menghadapi kerasnya hidup dan beratnya tantangan di masa yang akan datang. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah dengan memajukan dunia pendidikan nasional, melalui peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta memperluas akses pendidikan untuk masyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kesilir 02 Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Kondisi yang terjadi pada siswa kelas IV bahwasannya siswa kurang menguasai materi dari konsep IPS yang diajarkan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Ketika proses pembelajaran IPS sedang berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara sendiri, mondar-mandir, banyak siswa yang bermain sendiri dengan teman sebangkunya, dan enggan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model course review horay. Model course review horay merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar secara vertikal, horisontal, atau diagonal langsung berteriak horay (hore). Penggunaan model course review horay ini sengaja viii peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Rumusan masalah yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?, (2) bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204294;
dc.subjectPENINGKATAN MOTIVASI, HASIL BELAJAR IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KESILIR 02 KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record