PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SEQIP BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012 POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS SDN KERTOSARI 01 JEMBER
Abstract
Pembelajaran Sains di SDN Kerosari 01 Jember dalam mata pelajaran IPA
menitikberatkan pada guru sebagai objek aktif dan siswa sebagai objek pasif sehingga
pembelajaran didominasi oleh guru yang menyebabkan komunikasi satu arah.
berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa mata pelajaran IPA adalah mata
pelajaran yang masih dianggap sulit dan kurang menarik, sehingga siswa kurang
berminat untuk mempelajarinya. Hai ini dapat terlihat hasil perolehan nilai dari 29
siswa hanya 13 siswa atau 44,83% yang tuntas. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut maka diterapkan model SEQIP Berbasis cooperative learning untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Melalui model SEQIP berbasis
cooperative learning, siswa memiliki pengalaman yang bermakna karena siswa
melakukan suatu kegiatan diskusi dan percobaan yang memungkinkan mereka untuk
menemukan konsep atau prinsip-prinsip (IPA) Ilmu Pengetahuan Alam.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan
aktivitas belajar siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada
siswa kelas VI semster ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan
isolator panas di SDN Kertosari 01 Jember? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar
siswa melalui model SEQIP berbasis cooperative learning pada siswa kelas VI
semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 pokok bahasan konduktor dan isolator panas
SDN Kertosari 01 Jember?