KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
“Kualitas Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Pada Badan
Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Banyuwangi”; Rinno Widodo,
070910201113; 2014; Halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan
mendirikan bangunan pada Badan pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten
Banyuwangi. Sedangkan tipe penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif.
Dengan jenis penelitian survei menggunakan dimensi kualitas pelayanan
parasurahman.
Lokasi penelitian ini adalah Badan Pelayanan Perizinan Terpadu
Kabupaten Banyuwangi di Jl. A. Yani no. 57 Banyuwangi. Populasi dalam
penelitian ini, merupakan pemohon yang telah selesai mengurus perizinan
mendirikan bangunan pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten
Banyuwangi. Sedangkan untuk sampel penelitian, peneliti menggunakan pendapat
ferdinand yaitu dengan cara jumlah indikator dikalikan 5 (lima) sampai dengan 10
(sepuluh). Mengacu pada jumlah sampel minimal yang harus diambil, maka
sampel penelitian ini berjumlah 55 responden. Sedangkan untuk penarikan sampel
dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Lebih lanjut teknik
pengambilan sampel ini didasarkan pada kemudahan. Sampel terpilih karena
berada pada waktu, situasi, dan tempat yang tepat. Dalam pengambilan datanya
menggunakan kuesioner.
Analisis data dalam penelitaian ini menggunakan ServQual dengan
tingkat pengukuran menggunakan skala likert 5 tingkatan. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diketahui bahwa, kualitas pelayanan perizinan mendirikan
bangunan pada Badan pelayanan perizinan terpadu kabupaten banyuwangi
memperoleh hasil total servQual 0,05 dengan kategorisasi sangat baik.