KUALITAS PELAYANAN PASIEN INSTALASI RAWAT DARURAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien instalasi
rawat darurat
Penelitian ini di laksanakan di IRD RSUD Dr Soetomo Surabaya. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang tipe penelitiannya deskriptif. Adapun
penentuan populasi menggunakan 3606 sample, penentuan teknik sampel yang akan
digunakan peneliti yaitu sampling accidental. Sumber data yang digunakan ada dua
sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer menggunakan
kuisioner dan sumber data sekunder menggunakan dokumen dari instansi yang
terkait. Sedangkan definisi operasional variable menggunakan 5 dimensi yang terdiri
dari dimensi bukti langsung, dimensi keandalan, dimensi daya tanggap, dimensi
jaminan, dimensi empati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama dan
teknik pendukung, teknik utama yang digunakan kuisioner, sedangkan teknik
pendukung menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Metode analisis
data yang digunakan metode servqual yang menghitung skor servqual dari harapan
dan persepsi responden
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasakan hasil
keseluruhan dari kelima dimensi tersebut dengan menggunakan rumus servqual maka
rata-rata persepsi dan harapan yang diperoleh menunjukan angka lebih besar
persepsinya daripada harapan. Tetapi ada salah satu dimensi bukti langsung tingkat
kualitas menunjukan tidak baik. Karena ada beberapa item dari bukti langsung
vii
menunjukan harapan yang jumlah skor tinggi di banding persepsinya yaitu pada item
peralatan medis, ruang tunggu, dan kerapian petugas.
Berdasarkan pada kesimpulan diatas, maka pihak RSUD Dr Soetomo
Surabaya pada bagian Instalasi Rawat Darurat