Show simple item record

dc.contributor.authorAgus Firmansyah
dc.date.accessioned2015-02-28T06:52:26Z
dc.date.available2015-02-28T06:52:26Z
dc.date.issued2015-02-28
dc.identifier.nimNIM070910201057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61476
dc.description.abstractEfektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ? Agus Firmansyah, 070910201057, 2014; 78 halaman; Prodi Ilmu Administrasi Negara Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Keefektivan Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Komite Sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalan rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan disatuan pendidikan baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah. Anggota Komite Sekolah terdiri dari dewan guru, orang tua siswa, dan masyarakat. Di lain pihak, yang dijalankan Komite Sekolah adalah sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan di satuan pendidikan. Badan ini juga berperan sebagai pendukung baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan. Di samping itu, Komite Sekolah juga berperan sebagai pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan, serta sebagai mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SDN Sumbersari III Jember. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. vii Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Efektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SDN Sumbersari III Jember (Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah) adalah cukup efektif. Hal itu terbukti dengan tidak adanya persoalan yang menjadi penghambat implementors dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Situasi dan kondisi masyarakat di lingkungan SDN Sumbersari III yang tampak adalah : Minimnya kesadaran orang tua siswa dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Sumbersari III Jember. Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut, pihak komite lebih mendekatkan diri kepada wali murid dan menjadi mediator antara wali murid dan pihak sekolah. Yang diharapkan bisa merubah pola pikir wali murid yang cuek menjadi lebih peduli lagi pada kemajuan dan peningkatan mutu pendidikan di SDN Sumbersari III Jember. Meskipun ada beberapa hambatan namun dalam pelaksanaannya implementors sudah mampu mengatasinya karena adanya pembagian tugas yang jelas dan kerjasama dengan beberapa instansi terkait dirasakan sudah mampu menutupi hambatan yang ada.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910201057;
dc.subjectEfektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Jemberen_US
dc.titleEfektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record