dc.description.abstract | Efektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II
KepMendiknas No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember ? Agus Firmansyah, 070910201057, 2014; 78 halaman; Prodi
Ilmu Administrasi Negara Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Keefektivan
Peran dan Fungsi Komite Sekolah Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas
No.044/U/2002 di SDN Sumbersari III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Komite Sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat
dalan rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan
disatuan pendidikan baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah,
maupun jalur pendidikan luar sekolah. Anggota Komite Sekolah terdiri dari dewan
guru, orang tua siswa, dan masyarakat.
Di lain pihak, yang dijalankan Komite Sekolah adalah sebagai pemberi
pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan di satuan pendidikan.
Badan ini juga berperan sebagai pendukung baik yang berwujud finansial, pemikiran,
maupun tenaga dalam penelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan. Di samping
itu, Komite Sekolah juga berperan sebagai pengontrol dalam rangka transparansi dan
akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan, serta
sebagai mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan
pendidikan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SDN Sumbersari III
Jember. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dari Miles dan
Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
vii
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat menarik
kesimpulan bahwa Efektivitas Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SDN Sumbersari
III Jember (Berdasarkan Lampiran II KepMendiknas No.044/U/2002 tentang Dewan
Pendidikan dan Komite Sekolah) adalah cukup efektif. Hal itu terbukti dengan tidak
adanya persoalan yang menjadi penghambat implementors dalam melaksanakan
peran dan fungsinya.
Situasi dan kondisi masyarakat di lingkungan SDN Sumbersari III yang tampak
adalah :
Minimnya kesadaran orang tua siswa dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN
Sumbersari III Jember.
Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut, pihak komite lebih mendekatkan diri
kepada wali murid dan menjadi mediator antara wali murid dan pihak sekolah. Yang
diharapkan bisa merubah pola pikir wali murid yang cuek menjadi lebih peduli lagi
pada kemajuan dan peningkatan mutu pendidikan di SDN Sumbersari III Jember.
Meskipun ada beberapa hambatan namun dalam pelaksanaannya
implementors sudah mampu mengatasinya karena adanya pembagian tugas yang jelas
dan kerjasama dengan beberapa instansi terkait dirasakan sudah mampu menutupi
hambatan yang ada. | en_US |