MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KREATIF KELAS V SDN SUMBERBULUS 03 KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Berbicara merupakan suatu penyampaian maksud (ide, gagasan, isi hati)
seseorang kepada orang lain. Jika siswa sekolah dasar telah mampu menguasai aspek
berbicara maka akan mudah terjadi perpindahan pesan dari suatu sumber ke tempat
lain karena berbicara merupakan proses berkomunikasi secara lisan. Dengan belajar
berbicara siswa belajar berkomunikasi. Penelitian ini dilakukan karena pengamatan
awal di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam aspek berbicara
masih rendah. Hal itu disebabkan siswa belum menguasai faktor-faktor penunjang
keefektifan berbicara. Faktor-faktor tersebut seperti : ketepatan ucapan, pilihan kata,
keberanian, kelancaran, dan penguasaan topik. Permasalahan tersebut terjadi karena
aspek-aspek yang mendukung pembelajaran kurang, seperti : sumber belajar yang
tersedia masih kurang, metode dan teknik pembelajaran yang kurang menyenangkan,
dan interaksi antar siswa dengan siswa dan guru dengan siswa yang kurang terjalin.
Oleh karena, penelitian ini berupaya melihat hasil dengan menggunakan permainan
kreatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Peneliti menggunakan
permainan kreatif karena dengan permainan mampu mengatasi kejenuhan siswa
dalam belajar, meningkatkan minat belajar siswa, menciptakan hiburan dan
kesenangan, menciptakan sistem pengajaran yang baik, menarik dan berkualitas serta
meningkatkan kreativitas siswa.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : bagaimanakah proses
penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan kreatif yang meningkatkan
x
kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumberbulus 03 Jember dan
bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan
menggunakan permainan kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara
siswa kelas V SDN Sumberbulus 03 Jember.