STRATEGI PEMASARAN ROULIT’Z MEBEL JEMBER
Abstract
STRATEGI PEMASARAN ROULIT’Z MEBEL JEMBER; Anis Kurlila,
090910202007; 2014; 65 halaman; Program Study Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan
Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, Universitas Jember.
Mebel Roulit’z Jember merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
industri mebel, memproduksi produk yang dihasilkan berdasarkan pesanan
konsumen. Produk utama yang seringkali dipesan oleh konsumen adalah lemari,
kursi, dipan, meja makan, buffet/rak tv, kitchen set. Perusahaan memproduksi produk
tersebut menggunakan sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan, bahan baku yang
digunakan adalah kayu jati. Perusahaan tersebut memperoleh produk setengah jadi
bahkan produk yang sudah jadi dari daerah lain, misalnya Bondowoso, Pasuruan, dan
Jepara. Saat ini Mebel Roulit’z Jember beralamatkan Jl. Sultan Agung No. 18
Kaliwates, Jember.
Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif
dengan paradigma kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
pengumpulan data Primer dan Sekunder, pengumpulan data primer dilakukan dengan
wawancara dan observasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan
dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan pada penelitian ini adalah
menggunakan teknik snowball. Diawali dengan menemukan seseorang atau beberapa
informan meminta lebih lanjut lagi dan siapa nantinya responden lain yang terkait
dengan topik permasalahan yang akan diangkat oleh peneliti, sehingga jumlah
informan bisa berkembang sesuai dengan kelengkapan data yang dibutuhkan. Data
yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis domain
dan taksonomi untuk kemudian dilakukan interpretasi. Tahap pemeriksaan keabsahan
data pada penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan
melalui diskusi.
Dengan adanya ancaman semakin menipisnya persediaan bahan baku maka
perusahaan mebel Roulit’z perlu mengadakan evaluasi dan menerapkan strategi
viii
pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Daerah pemasaran perusahaan mebel Roulit’z
yang cukup luas meliputi Bali, Banyuwangi, Kalimantan, Semarang dan daerah luar
lain di luar Kabupaten Jember merupakan salah satu peluang tersendiri bagi
perusahaan mebel Roulit’z sebab perusahaan tidak akan kesulitan memasarkan
produknya. Pemasaran yang yang dilakukan oleh mebel roulit’z jember saat ini tidak
menggunakan promosi khusus kepada konsumen baru, perusahaan hanya
menggunakan informasi lewat mulut kemulut pelanggan atau konsumen lama untuk
mempunyai konsumen baru selain itu perusahaan juga tidak memilki toko tempat
untuk memasarkan produknya agar produk mebel roulit’z tidak mudah ditiru oleh
perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama. Dengan adanya permasalahan
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran Roulit’z
Mebel Jember.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Strategi Pemasaran Roulit’z
Jember berjalan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mebel Roulit’z
sudah melakukan pemasaran yang terdiri dari penetrasi pasar yaitu dengan cara
memberikan potongan harga atau diskon kepada konsumen pada setiap pembelian
produk dalam jumlah besar, pengembangan pasar yang digunakan perusahaan adalah
dengan cara memasarkan produknya yang awal mulanya hanya dari kota Jember saja
sehingga luar kota, pengembangan produk yang digunakan yaitu dengan cara
melakukan modifikasi dengan mencampurkan warna, dan diversifikasi yang
digunakan yaitu dengan keanekaragaman produk sehingga menambah nilai tambah
perusahaan .