• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I TEMUGURUH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    MIA MARLIANSE_001.pdf (132.5Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    MIA MARLIANSE
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Temuguruh Banyuwangi, ditemukan aktivitas belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Berdasarkan data ulangan harian kelas IV dari 29 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai ≥ 70 yaitu 70, 70, 95, 85, 70, 70, sedangkan 23 siswa yang lainnya mendapatkan nilai < 70. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu diupayakan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan rumusan masalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan model discovery. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dan mendiskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model discovery. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Temuguruh Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, sedangkan persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk ix mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6142
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository