• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN UKURAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SDN GRUJUGAN LOR 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Lina Cahya Ningtyas_001.pdf (196.9Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Lina Cahya Ningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempunyai aplikasi sangat luas pada aspek kehidupan, hal inilah yang menyebabkan matematika perlu dipelajari sejak dini. Namun, penyajian yang monoton dan kurang sesuai dengan kematangan siswa membuat siswa kelas IV SDN Grujugan Lor 01 kurang tertarik mempelajari matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara untuk memotivasi siswa salah satunya yaitu pembelajaran kooperatif teknik TGT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan, aktivitas belajar, dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif teknik TGT mata pelajaran matematika pokok bahasan Hubungan Antarsatuan Ukuran? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif teknik TGT, dan mengkaji aktivitas dan ketuntasan belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran. Pembelajaran Kooperatif teknik TGT adalah model pembelajaran bersamasama dalam suatu kelompok dengan jumlah anggota antara lima sampai enam orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin, dan suku atau ras yang berbeda.. Para anggota bekerjasama dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif teknik TGT adalah: tahap penyajian materi secara klasikal, belajar dalam kelompok, pertandingan/turnamen, dan penghargaan kelompok. Subjek penelitian bertempat di kelas IV dengan jumlah siswa yaitu 43 siswa, dengan 28 siswa laki-laki, dan 15 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dengan ix cara observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik TGT pada siklus I menunjukkan 31,2% persen siswa tergolong sangat aktif, 65,1% siswa tergolong aktif, 4,7% siswa tergolong cukup aktif, dan 0% siswa tergolong kurang aktif, dan tidakaktif. Aktivitas siswa secara kelompok setelah di rata-rata mencapai 76,4% dan tergolong aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 21 siswa (48,84%), dan yang tidak tuntas berjumlah 22 siswa (51,16%). Siswa kesulitan dalam mengkonversi hubungan antarsatuan ukuran dalam penjumlahan, dan pengurangan. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan 18 siswa (41,9%) sangat aktif, siswa tergolong aktif berjumlah 25 siswa (58,1%), dan siswa tergolong cukup aktif, kurang aktif, dan tidak aktif berjumlah 0 siswa (0%). Rata-rata aktivitas kelompok siswa yaitu 80,55%. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas 34 siswa (79,1%). Siswa yang tidak tuntas berjumlah 9 siswa (20,9%).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6130
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository