dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas permulaan sekolah dasar (SD) yang disebabkan minimnya acuan untuk guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Di sisi lain, pada umumnya guru mengalami kesulitan di dalam merancang pembelajaran tematik karena pembelajaran tematik lebih kompleks dibandingkan dengan pembelajaran bidang studi secara terpisah. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh model pembelajaran tematik berorientasi life skills yang dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran tematik kelas 1 SD yang pada tahun berikutnya diujicobakan di sekolah dan digunakan sebagai acuan pengembangan buku ajar. Perangkat pembelajaran dan buku ajar tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan praktik pembelajaran tematik sebagaimana digariskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Praktik pembelajaran tematik berorientasi life skills memungkinkan peserta didik berlatih memahami, menganalisis, menghadapi, dan menyelesaikan masalah di lingkungannya sebagai dasar bagi berkembangnya keterampilan kecakapan hidup pada masa-masa selanjutnya. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan yang berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, kajian teori dan analisis kebutuhan. Kedua, perumusan model pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Ketiga, uji coba perangkat. Pada tahun pertama ini telah dilakukan analisis dokumen dan dihasilkan draf perangkat pembelajaran tematik berorientasi life skills yang meliputi silabus dan RPP. Implementasi konsep life skills dituangkan dalam indikator hasil belajar, materi ajar, strategi pembelajaran dan penilaian yang memuat aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Silabus dan RPP yang dihasilkan terbagi atas 8 unit tema, empat tema untuk semester ganjil, yaitu Diriku, Kegiatanku, Kegemaranku, serta Keluargaku dan empat tema untuk semester genap, yakni Pengalamanku, Lingkungan Sehat dan Asri, Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitar, serta Peristiwa Alam. Butir-butir materi memuat aspek konsep, prinsip, fakta, proses, nilai dan keterampilan. Keberagaman aspek materi mencakup beragam karakter positif yang sesuai dengan paradigma life skills. Strategi pembelajaran tematik diwujudkan dalam kegiatan yang berfokus pada pembentukan tiga ranah kompetensi, yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut tercermin ke dalam kegiatan-kegiatan siswa yang mengarah pada pembentukan kecakapan hidup dalam berbagai segi. Strategi yang digunakan dilandasi pendekatan saintifik (Scientific Approach) serta model pembelajaran kooperatif dan kontekstual. Penilaian pembelajaran dilaksanakan secara terintegrasi melalui identifikasi penilaian mata pelajaran. Pemaduan penilaian ini menghasilkan formasi penilaian yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor. | en_US |