• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Kristina Dianing Prastiwi_001.pdf (144.3Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Kristina Dianing Prastiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi pelajaran IPS sebagian besar berisi materi atau kajian teori-teori, padahal anak usia SD suka bermain, senang mencoba hal-hal baru dan aktif. Anak akan merasa bosan jika pembelajaran IPS yang diberikan hanya bersifat teori. Kurangnya minat dan antusiasme siswa pada mata pelajaran IPS dapat membuat siswa malas untuk mempelajari IPS. Pembelajaran IPS dengan metode ceramah yang biasa guru terapkan karena materi IPS yang kebanyakan teori justru akan membuat siswa bosan, suasana kelas dan aktivitas siswa semakin pasif, khususnya pada materi pokok kegiatan ekonomi. Siswa juga merasa kesulitan dalam mempelajari IPS materi pokok kegiatan ekonomi yang banyak berisi istilah-istilah ekonomi. Kurangnya motivasi dari siswa, media yang digunakan guru dan metode pembelajaran yang tidak bervariasi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, peneliti menemukan permasalahan mengenai aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV di SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Pembelajaran IPS merupakan upaya untuk membelajarkan siswa yang mengakibatkan siswa dapat mempelajari sesuatu (pengetahuan, keterampilan, sikap) terkait dengan semua aspek-aspek sosial dan ilmu-ilmu sosial dengan cara efektif dan efisien. Aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Metode role playing dipilih peneliti karena ingin menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik anak SD yang aktif viii dan masih senang bermain. Role playing adalah metode pembelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan untuk menghadirkan peran-peran dan permasalahan yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu pertunjukan peran di dalam kelas/ pertemuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II), masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan berlangsung. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6125
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository