• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KOKAMI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN 04 KALIGONDO GENTENG BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Irawati_001.pdf (152.9Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Irawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPA berlangsung masih terlihat beberapa siswa yang tidak mencatat materi pelajaran dan tidak pernah bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik kepada guru maupun kepada siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa pada pelajaran yang diajarkan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yaitu 51,22% (sebanyak 21 siswa) dari 41 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Aktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA, mengakibatkan nilai mata pelajaran IPA juga rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?. 2) bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA? Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah metode Buzz Group dengan media kokami untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama dengan bimbingan dari guru dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan meningkatnya hasil belejar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6118
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository