Show simple item record

dc.contributor.authorIhwan Riskya Putra
dc.date.accessioned2013-12-08T03:11:43Z
dc.date.available2013-12-08T03:11:43Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM070210204148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6113
dc.description.abstractMembaca merupakan kegiatan/aktifitas untuk memahami ide atau gagasan yang tersirat dalam sebuah bacaan yang melibatkan beberapa komponen ketrampilan berbahasa. Membaca cepat adalah sistem membaca dengan memperhitungkan waktu baca dan tingkat pemahaman terhadap bahan yang dibacanya.Penerapan kecepatan efektif membaca merupakan metode yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa agar mampu membaca lebih cepat sekaligus memahami semua yang terkandung di dalam bacaan yang bersangkutan. Penelitian membaca cepat ini pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kepatihan 3 kelas IV, mengamati masalah - masalah yang meliputi: (1) kecepatan membaca siswa kurang dalam membaca cerita pendek, (2) kurangnya kemampuan siswa memahami isi teks bacaan, (3) kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran membaca.Berdasarkan masalah tersebut,untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca cepat dipilihlah alternative perbaikan dengan menggunakan teknik kecepatan efektif membaca ( KEM ). Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (2) Bagaimanakah peningkatkan aktivitas belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 setelah diterapkan kecepatan efektif membaca. (3) Bagaimanakah peningkatkan ketuntasan hasil belajar membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah ix cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 setelah diterapkan kecepatan efektif membaca? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Untuk mengetahui proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012.(2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (3) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204148;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS, HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA CERITA PENDEK SISWA KELAS 4 SDN KEPATIHAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record