PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI “CAFÉ GLASS” KITCHENWARE SUPERSTORE SURABAYA
Abstract
Penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui keinginan dan kepuasan
konsumen dengan cara menganalisis dan menguji pengaruh lingkungan fisik dan
kualitas pelayanan yang ada pada ”Café Glass” Kitchenware Superstore
Surabaya. Dan agar hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi
pihak manajemen perusahaan dalam mengelola usahanya, dan bagi pihak lain
sebagai tambahan pengetahuan tentang keadaan toko retail sebenarnya saat ini
beserta permasalahannya.
Karakteristik permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini di
klasifikasikan sebagai explanatory research yang artinya menjelaskan hubungan
kasual dan menguji keterkaitan beberapa variabel. Populasi dari penelitian ini
merupakan semua konsumen yang mengadakan transaksi pembelian di ”Café
Glass” Kitchenware Superstore Surabaya dengan pengambilan sample dengan
berdasarkan karakteristik tertentu yang berhubungan dengan karakteristik
populasi, sehingga dapat diambil sampel sebanyak 20 responden untuk uji coba
dan 45 responden untuk penelitian selanjutnya dengan cara menyebarkan
kuesioner. Data yang telah di peroleh dianalisa dengan menggunakan angka yang
didapat dari penilaian skor, kemudian diuji validitas product moment-nya dan
reliabilitas cronbach alpha. Setelah itu di analisa menggunakan analisis regresi
linier berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari kedua variabel
bebas terhadap variabel terikatnya. Sedangkan untuk menjelaskan hubungan
kausal dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel digunakan uji hipotesis
yang terdiri dari uji F, analisis koefisien determinasi dan uji t.
Dari metodologi penelitian yang dijelaskan diatas dapat diperoleh hasil
sesuai dengan hipotesis. Dari uji F diperoleh hasil F=33,329 dengan signifikansi
0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa lingkungan fisik dan kualitas
pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. dari Uji t
diperoleh bahwa lingkungan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen yang juga diperkuat dengan hasil analisis deskriptif
yang menunjukkan bahwa konsumen (sekitar 74%) dan (sekitar 72.26%)
cenderung berpendapat bahwa lingkungan fisik dan kualitas pelayanan
mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. dan yang terakhir yang
memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen adalah kualitas
pelayanan dengan cara melihat nilai beta masing-masing yaitu lingkungan fisik
sebesar 42,1% dan kualitas pelayanan sebesar 46,6%.