PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP HUBUNGAN KOMITMEN MELALUI KEPERCAYAAN PADA KONSUMEN KLINIK KECANTIKAN DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Efektivitas Komunikasi Dan Kualitas
Layanan Terhadap Hubungan Komitmen Melalui Kepercayaan Pada Konsumen
Klinik Kecantikan Di Kota Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk
menganalisis pengaruh efektivitas komunikasi dan kualitas layanan terhadap
relationship commitment melalui kepercayaan pada konsumen aesthetic clinic di
Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen 3 klinik kecantikan
terbesar di Jember, yaitu : Natasha Skincare, London Beauty Center dan Larissa
Aesthetic Clinic. Metode sampling yang digunakan adalah teknik purposive
sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Variabel digunakan yaitu
sebanyak 4 variabel dan 15 indikator. Alat analisis yang digunakan adalah
Analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Efektivitas komunikasi
berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan aesthetic clinic di Jember. 2)
Efektivitas Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan
aesthetic clinic di Jember. 3) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap
kepercayaan pelanggan aesthetic clinic di Jember, dan 4) Kepercayaan pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap relationship commitment pelanggan aesthetic
clinic di Jember.