PENGARUH SIKAP AUDITOR TERHADAP JASA AUDIT E-COMMERCE (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya)
Abstract
Pertumbuhan jumlah perusahaan on-line di Indonesia semakin banyak, maka
timbul pula kebutuhan perusahaan-perusahaan tersebut atas jasa audit dari kantorkantor
publik. Jasa audit yang dibutuhkan pun tidak sama dengan jasa audit yang
biasa diberikan oleh kantor-kantor akuntan publik. Jasa audit yang diberikan tersebut
adalah jasa audit e-commerce. Di indonesia, jasa audit e-commerce ini belum telalu
dikenal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah
pengaruh sikap auditor tehadap jasa audit e-commerce di Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer
dengan metode survey, yaitu dengan menyebarkan kuisoner secara langsung pada
obyek penelitian. Populasi dalam penelitan ini adalah auditor yang bekerja di Kantor
Akuntan Publik di wilayah Surabaya. Penentuan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan
kriteria tertentu yang ditetapkan oleh penliti. Teknik pengolahan data yang dilakukan,
menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan spss.
Hasil uji regresi menunjukkan variabel sikap auditor berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pengambilan jasa audit e-commerce dengan koefisien regresi
sebesar 0,314.