dc.description.abstract | Buku paket mempunyai fungsi yang strategis dan penting dalam upaya meningkatkan pemerataan kesempatan dalam pendidikan serta meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Fungsi yang strategis dan penting itu terutama untuk siswa, guru, kurikulum, dan pembelajaran. Namun demikian, dalam buku paket masih ditemukan adanya beberapa kesalahan. Kesalahan kesalahan yang terdapat dalam buku tersebut, yaitu kesalahan konsep, kalimat kurang jelas, ilustrasi atau gambar yang kurang menarik kurang jelas, urutan penyajian materi yang tidak tepat, ketidak sesuaian pokok bahasan/sub pokok bahasan dengan kurikulum, dan kesalahan pengetikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah materi, metode penyampaian materi, tampilan fisik, dan petunjuk untuk guru pada buku paket menurut kriteria Bell? Tujuannya
adalah untuk mengetahui materi, metode penyampaian materi, tampilan' fisik, dan
petunjuk untuk guru pada buku paket menurut kriteria Bell Untuk memecahkan
permasalahan dan mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan
pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk
mendapatkan data utama, yaitu materi, metode penyampaian materi, tampilan
fisik, dan petunjuk untuk guru dalam buku paket menurut kriteria Bell. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data penunjang, yaitu pendapat pendapat guru tentang buku paket. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Dari hasil analisis dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku paket sebagian besar sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan tentang materi, metode penyampaian materi, dan tampilan fisik menurut kriteria Bell. Selain itu, buku paket tidak sesuai dengan sebagian besar pertanyaan-pertanyaan petunjuk untuk guru menurut kriteria Bell. Oleh karena itu, berdasar basil penelitian ini penulis memberikan saran utamanya kepada guru, hendaknya membaca dan menelaah dengan cermat dan hati-hati sebelun
menggunakan buku teks dalam pembelajaran. | en_US |