PERANAN BAHASA INGGRIS PADA PELAYANAN NASABAH ASING DI BANK NEGARA INDONESIA 46 CABANG JEMBER
Abstract
Komunikasi adalah suatu interaksi antara orang yang satu dengan orang
yang lain untuk menyampaikan isi pikiran atau perasaan untuk mencapai harapan
yang diinginkan. Salah satu komunikasi yang dapat disampaikan yaitu dengan
menggunakan bahasa, seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Karena pada
Era Globalisasi ini bahasa telah memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan
perkembangan dunia perbankan di Indonesia. Perkembangan ini ditandai dengan
penggunaan istilah bahasa terutama bahasa Inggris pada berbagai macam produk
pelayanan yang ditawarkan oleh Bank kepada nasabah asing.
Bank merupakan lembaga keuangan yang usahanya memberikan jasa
perbankan yang menghimpun dana dari masyarkat dalam bentuk simpanan,
menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup
rakyat banyak dan memberikan pengaruh baik bagi masyarakat dan generasi muda
selanjutnya untuk dapat menabungkan uang mereka agar dapat digunakan untuk
kebutuhan mereka di masa depan. Dengan memberikan fungsi seperti yang tertera
di atas, bank juga ikut melancarkan mekanisme sistem pembayaran bagi semua
sektor perekonomian.
Objek kajian dari PKN ini adalah meneliti tentang peran bahasa Inggris
dalam kegiatan perbankan, terutama pada transaksi pelayanan nasabah asing (foreign customer). Untuk mencapai kesuksesan proses transaksi pada bank
mayoritas dipegang oleh Customer Service yang berperan sebagai perantara antara
bank dan nasabah. Seorang Customer Service harus dapat menguasai teknik
komunikasi dimana fungsi komunikasi itu sendiri bertujuan untuk menyampaikan
informasi dan mencari informasi kepada nasabah, agar apa yang ingin kita
sampaikan atau kita minta dapat dimengerti sehingga komunikasi yang
dilaksanakan dapat tercapai dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa penggunaan
bahasa Inggris sudah diterapkan di lapangan, tetapi dalam pelaksanaannya masih
ada kendala dalam kegiatan yang dilakukan, seperti kurangnya keterampilan
berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Melihat pentingnya bahasa Inggris pada
dunia perbankan, guna memberikan kelancaran proses transaksi serta menambah
penguasaan bahasa Inggris pada seorang Customer Service saat melayani nasabah
asing.