Hubungan Promosi Susu Formula dengan Pengambilan Keputusan Keluarga dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember (The Correlation of Formula Milk Promotion with Family Decision Making in Exclusive Breastfeeding in Working Area of Arjasa’s Public Health Center, Jember Regency)
View/ Open
Date
2013Author
Ulil Albab, Fikri
Rahmawati, Iis
Sari Hardiani, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif adalah adanya promosi susu formula.
Perilaku pemberian susu formula atau ASI eksklusif sangat dipengaruhi oleh pengambilan keputusan
keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promosi susu formula dengan pengambilan
keputusan keluarga dalam pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional
dengan teknik total sampling yang berjumlah 33 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 57,6% keluarga terpapar promosi susu formula dan
sebanyak 69,7% keluarga mengalami ketidakberfungsian pengambilan keputusan dalam pemberian ASI
eksklusif. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p value sebesar 0,257, maka dapat disimpulkan bahwa
tidak ada hubungan yang bermakna antara promosi susu formula dengan pengambilan keputusan keluarga
dalam pemberian ASI eksklusif. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi adalah faktor internal
maupun faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya: usia, pekerjaan ibu, pendidikan
dan pengetahuan responden, sedangkan faktor eksternal seperti lingkungan sosial. Saran yang dapat
diberikan kepada petugas kesehatan untuk meningkatkan program promosi ASI eksklusif dan penggunaan
PASI/susu formula yang benar dan tepat. Pemerintah diharapkan dapat membuat kebijakan tentang
kampanye ASI eksklusif melalui media publik
Collections
- SRA-Medical [429]