Hubungan Persepsi Perilaku Caring Perawat dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Paru Jember (The Correlation between Perceptions of Nurses Caring Behavior with Loyalty of Third Class Inpatients Jember Chest Hospital)
View/ Open
Date
2013Author
Rahman, Melinda
Wijaya, Dodi
Aini S, Latifa
Metadata
Show full item recordAbstract
Loyalitas pasien dapat mempengaruhi perkembangan rumah sakit. Upaya untuk menjaga loyalitas pasien
dapat dilakukan dengan cara mengendalikan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien.
Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien. Kualitas pelayanan
dapat diberikan dengan meningkatkan perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara persepsi perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien rawat inap. Penelitian ini
menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan sampel terdiri dari 47
responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji fisher’s exact dengan 95% CI. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi perilaku caring perawat dipersepsikan memuaskan oleh 43 pasien (91,5%)
dan 36 pasien (76,6%) memiliki kecenderungan cukup untuk menjadi loyal. Analisis statistik menunjukkan
bahwa nilai p = 0,035 dan α = 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi
perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Paru Jember. Penerapan
perilaku caring perawat dapat meningkatkan loyalitas pasien rawat inap terhadap pelayanan Rumah Sakit
Paru Jember. Hasil ini diharapkan dapat digunakan untuk membentuk suatu kebijakan yang mendukung
penerapan perilaku caring perawat untuk meningkatkan loyalitas pasien
Collections
- SRA-Medical [429]