• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Medical
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Persepsi Perilaku Caring Perawat dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Paru Jember (The Correlation between Perceptions of Nurses Caring Behavior with Loyalty of Third Class Inpatients Jember Chest Hospital)

    Thumbnail
    View/Open
    Melinda Rahman.pdf (168.9Kb)
    Date
    2013
    Author
    Rahman, Melinda
    Wijaya, Dodi
    Aini S, Latifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Loyalitas pasien dapat mempengaruhi perkembangan rumah sakit. Upaya untuk menjaga loyalitas pasien dapat dilakukan dengan cara mengendalikan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien. Kualitas pelayanan dapat diberikan dengan meningkatkan perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien rawat inap. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan sampel terdiri dari 47 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji fisher’s exact dengan 95% CI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi perilaku caring perawat dipersepsikan memuaskan oleh 43 pasien (91,5%) dan 36 pasien (76,6%) memiliki kecenderungan cukup untuk menjadi loyal. Analisis statistik menunjukkan bahwa nilai p = 0,035 dan α = 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Paru Jember. Penerapan perilaku caring perawat dapat meningkatkan loyalitas pasien rawat inap terhadap pelayanan Rumah Sakit Paru Jember. Hasil ini diharapkan dapat digunakan untuk membentuk suatu kebijakan yang mendukung penerapan perilaku caring perawat untuk meningkatkan loyalitas pasien
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60713
    Collections
    • SRA-Medical [429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository