• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII A MTs AL FIRDAUS KECAMATAN PANTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAVI

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Desy Nur Aini Azizah_1_17.pdf (256.5Kb)
    Date
    2013-07-12
    Author
    Desy Nur Aini Azizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VII A MTs Al Firdaus. Hal ini dilakukan karena kemampuan bercerita siswa kurang optimal. Kurangnya kemampuan bercerita siswa disebabkan oleh kurangnya bekal pengetahuan siswa tentang aspek kebahasaan dan nonkebahasaan dalam bercerita. Siswa juga belum mampu bercerita dengan lancar. Selain itu, metode yang digunakan guru hanya metode ceramah dan penugasan, serta tidak ada penggunaan media pembelajaran oleh guru, sehingga siswa pasif dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Kurangnya kemampuan bercerita siswa juga ditunjukkan dari nilai tes siswa. Siswa belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal (65% siswa nilainya ≥ 65). Siswa yang mencapai ketuntasan nilai minimal hanya 13 siswa dari 36 siswa. Model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa, karena dalam model pembelajaran ini siswa lebih mudah menyelesaikan masalah secara berkelompok. Selain itu, dengan keempat komponen dalam pendekatan SAVI, siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran karena di dalamnya terdapat penggunaan alat peraga. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang akan dibahas adalah : a) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas VIIA MTs Al Firdaus; b) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bercerita melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI; c) Bagaimanakah peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas VIIA MTs Al Firdaus setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus guru tidak memberikan materi mengenai aspek kebahasaan dan nonkebahasaan kepada siswa, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus I dengan memberikan materi mengenai aspek kebahasaan dan nonkebahasaan. Pada siklus I, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bercerita kurang optimal. Guru kurang memantau kegiatan siswa sehingga siswa menjadi ramai dan suasana kelas tidak kondusif. Perbaikan dilakukan dengan mengkondisikan kelas yang kondusif sebelum pelajaran dimulai. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Semua deskriptor telah dilaksanakan oleh guru dan siswa, sehingga aktivitas guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran siklus II berjalan dengan sangat optimal. Peningkatan kemampuan bercerita siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI dapat dilihat dari nilai tes. Kemampuan bercerita siswa meningkat dari 36,11% pada siklus I menjadi 72,22% pada siklus II. Pada siklus I, kurangnya kemampuan siswa terletak pada aspek kelancaran, gerak-gerik dan mimik, serta keberanian. Perbaikan dilakukan dengan cara melatih siswa mengucapkan penggalan-penggalan kalimat dalam cerpen. Dengan demikian, pada siklus II aspek kelancaran dan keberanian jauh lebih baik dari siklus I. Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian adalah (1) siswa dan guru telah melaksanakan semua deskriptor yang ada dan guru telah menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga; (2) Kemampuan bercerita siswa meningkat dari 36,11% pada siklus I menjadi 72,22% pada siklus II dan siswa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal (65% nilai siswa ≥ 65), sehingga dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) bagi peneliti lain, hendaknya lebih matang dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan; (2) bagi Guru Bahasa Indonesia, hendaknya lebih serius lagi dalam mengajarkan cara bercerita kepada siswa dengan gerak dan suara yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/607
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository