Penafsiran Makna Ideational pada Iklan Peralatan Elektronik di Jawa Pos: Sebuah Analisis Wacana Multimodal Berdasarkan Systemic Functional Linguistik
View/ Open
Date
2014Author
Fitria Ningsih, Erna
Tallapessy, Albert
Setiarini, Riskia
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini tentang analisis wacana multimodal. Data dikumpulkan dari iklan media cetak di koran Jawa Pos. Generic Structure Potential (GSP) untuk iklan media cetak yang digagas oleh Cheong (2004) dan transitivity Halliday (1994) diterapankan. Kerangka Cheong diterapkan untuk mengungkap bagian-bagian dari bagian gambar dan lingustik, sementara transitivity Halliday digunakan untuk mengetahui proses-proses. Dengan cara
demikian, penelitian ini menemukan hubungan antara gambar dan teks dalam satu konteks. Hasilnya menunjukkan bahwa bagian-bagian gambar dalam iklan media cetak adalah Lead, Emblem, dan Display. Lead terdiri dari Locus of Attention (LoA) dan Complements to the Locus of Attention (Comp. LoA). Sementara, bagian-bagian lingiustiknya adalah Announcement, Emblem, Enhancer, Tag, dan Call-and-Visit Information. Akhirnya, dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada keterkaitan antara bagian-bagian gambar dan linguistik dalam iklan media cetak. Hal ini menyebabkan Contextualization Propensity (CP) tinggi, Interpretative Space (IS) sempit, dan Semantic Effervescence (SE) juga kecil.
Collections
- SRA-Humanities [343]