ANALISA SEMIOTIK PADA IKLAN-IKLAN PERUMAHAN DI HARIAN SURYA
View/ Open
Date
2013Author
Yapati Puteri, Diantirta Bunga
Supiastutik
Setiarini, Riskia
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berkaitan dengan analisis mitos dalam iklan-iklan perumahan di harian SURYA. Pesan akan ditanamkan ke dalam pikiran pembaca melalui mitos-mitos ini. Mitos secara tidak langsung dapat mempengaruhi pembaca dalam mengambil keputusan dan membuat pilihan. Dalam iklan-iklan perumahan tersebut, mitos ditanamkan dengan mencantumkan lokasi gambar, memilih warna, menambahkan ornamen (seperti gambar pohon dan mobil) dalam foto iklan, mencantumkan imej perusahaan, menentukan kalimat apa untuk ditampilkan dalam sebuah iklan, sehingga mitos secara tidak langsung mempengaruhi pembaca dalam membeli rumah. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan untuk mengetahui kondisi atau fenomena dalam membuat iklan perumahan. Data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran mitos yang diciptakan beserta faktor-faktor yang mendukungnya. Sebuah analisis deskriptif
diterapkan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar mitos yang dikembangkan dalam iklan adalah rumah-rumah bertipe modern yang ditampilkan dalam lingkungan yang mewah dan nyaman.
Collections
- SRA-Humanities [343]