STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MANAJEMEN PERBANKAN (Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah)
View/ Open
Date
2014-12-04Author
STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MANAJEMEN PERBANKAN (Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah)
Metadata
Show full item recordAbstract
SEM telah banyak diaplikasikan pada penelit ian-penelit ian yang berhubungan
dengan manajemen perusahaan. Salah satunya adalah di bidang manajemen
perbankan yang dipengaruhi oleh Customer Relationship Management (CRM ) atas
tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan. Customer Relationship Management
(CRM) adalah strategi int i dalam bisnis yang mengintegrasikan proses-proses dan
fungsi-fungsi internal dengan semua jaringan eksternal untuk menciptakan serta
mewujudkan nilai bagi para konsumen sasaran secara profitable. Kepuasan
pelanggan adalah t ingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan kenyataan dan
harapannya. Loyalitas pelanggan adalah komit men yang dalam untuk melakukan
pembelian ulang atau memilih kembali suatu barang atau jasa secara konsisten pada
masa yang akan datang. Tujuan dari penelit ian ini pada dasarnya adalah mempelajari
aplikasi SEM dalam keabsahannya untuk menganalisis data dan memperoleh bukti
empiris untuk menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara masing-masing variabel.
Hasil penelit ian ini diharapkan dapat memberikan alternatif dan menambah wawasan
serta pemahaman, terutama bagi pihak yang mempelajari analisis mult ivariat dan
manajemen perekonomian dalam bidang perbankan tentang aplikasi analisis SEM
(Structural Equation Model).
Dalam penelit ian ini, penyelesaian permasalahan dalam analisis SEM
memakai bantuan Program AMOS 6.0 dan Program Statistika R (Paket R) versi 2.13.
Hasil akhir dari analisis SEM adalah mendapatkan model struktural dan model
8
pengukuran yang diperoleh dari model yang telah mendapatkan nilai uji kecocokan
yang baik sehingga berfungsi untuk menguji validitas dan reliabilitas hubungan antar
variabel laten dengan variabel indikator.
Terdapat pengaruh yang signifikan pada indikator CRM, yaitu pada faktor
karyawan, produk dan kinerja. CRM berpengruh signifikan terhahap kepuasan
nasabah akan tetapi t idak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil
penelit ian terhadap nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Sumber
Beras Muncar Banyuwangi), ternyata sebagian besar responden memberikan
penilaian yang cukup baik. Namun dengan deskripsi indikator variabel yang ditelit i
itu hanya memberikan informasi tentang seberapa tinggi atau rendahnya nasabah
menilai atas apa yang mereka rasakan terhadap CRM yang ditawarkan oleh pihak
bank tersebut.