dc.contributor.author | Indah Suroyyah | |
dc.date.accessioned | 2014-11-28T01:47:12Z | |
dc.date.available | 2014-11-28T01:47:12Z | |
dc.date.issued | 2014-11-28 | |
dc.identifier.nim | NIM090910301044 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60382 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menjadi pemegang peran
utama dalam membimbing anaknya yang tunagrahita. Di dalam keluarga, orang tua
memberi perlakuan yang berbeda terhadap anaknya yang tunagrahita dengan anaknya
yang normal. Perbedaan perlakuan tersebut ditunjukkan dengan bagaimana orang tua
memberikan kasih sayang, merawat, dan mendidik anak tunagrahita. Membutuhkan
kesabaran dan ketelatenan dalam merawat, memberikan kasih sayang dan mendidik
anak tunagrahita. Dengan waktu yang cukup lama anak akan tumbuh menjadi anak
yang lebih baik.
Pemberian kasih sayang dari ketiga informan yang berbeda-beda. Dari
kekurangan yang dimiliki anak tunagrahita tidak membuat orang tua tidak mau
memberikan hak anak yang mendapatkan cinta kasih dari orang tua. Kenyamanan
yang diberikan orang tua untuk anak tunagrahita berupa sentuhan, memberikan
kehangatan dan memperlakukan anak dengan lembut merupakan cara orang tua
memberikan kasih sayang. Merawat anak tunagrahita sangat berbeda dengan anak
normal. Kewajiban orang tua dalam merawat anak tunagrahita sangat besar.
Diperlukan perlakuan khusus dari orang tua. Karena selain memberikan kasih sayang
orang tua juga harus mendukung agar anak tumbuh berkembang dengan baik. Dan
dalam mendidik anak tunagrahita sangat membutuhkan kesabaran yang besar, selain
di sekolah anak juga memerlukan pembelajaran yang diberikan orang tua di rumah
dengan mengulang pelajaran yang diperoleh di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090910301044; | |
dc.subject | Orang Tua, Anak Tunagrahita | en_US |
dc.title | PERLAKUAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA (Studi kasus pada 3 orang tua yang memiliki anak tunagrahita di Jember) | en_US |
dc.type | Other | en_US |