Pengaruh Tahapan AIDA (Attetion, Interest, Desire, Action) Pada Iklan Rokok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tahapan AIDA
(Attention,Interets,Desire,Action) Pada Iklan Rokok Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
Pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)”. Penelitian ini adalah bertujuan
mengetahui pengaruh iklan rokok yang mempunyai model AIDA yaitu Attention,
Interest, Desire, Action dan keputusan pembelian khusus di pelajar Sekolah
Lanjutan Tingkat Atas Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember baik secara
parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang berumur 15 tahun – 19 tahun dan perokok
pemula di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember dengan teknik sampel
accidental sampling sejumlah 119 rorang. Variabel yang digunakan yaitu
sebanyak 5 variabel, yaitu 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Alat analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian:
menunjukkan bahwa attention, interest, desire dan action berpengaruh secara
parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelajar
Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kecamatan Sumbersari, sedangkan varibel yang
dominan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel action dengan Thitung 4,464
dengan signifikan 0,000.
Kemudian hasil analisis secara simultan maka hasil yang diperoleh, yaitu
Fhitung > Ftabel 70,838 > 2,45) dan signifikasi (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan
Ha diterima, artinya variabel attention, interest, desire, dan action secara simultan
berpengaruh signifikan kearah positif terhadap keputusan pembelian pada pelajar
Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.