KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GRATIS BAGI PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS GLADAK PAKEM
Abstract
Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kuantitatif
deskriptif. Berdasarkan jenis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian ini, peneliti menentukan sampel dengan menggunakan teknik
sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi
digunakan sebagai sampel. Istilah lain dari sampling jenuh adalah sensus. Sampel
yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pasien yang sedang melakukan
pelayanan kesehatan di Puskesmas Gladak Pakem selama bulan April sampai Juni
2014. Dari bulan April sampai Juni, didapat sampel sebanyak 97 pasien. Untuk
menganalisa data yang diperoleh dari kuisioner, penulis menggunakan analisis
model ServQual yang dimaksudkan untuk mengukur kesenjangan antara harapan
dan persepsi pelanggan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti mengenai
kualitas pelayanan kesehatan bagian rawat jalan di Puskesmas Gladak Pakem,
pada kelima dimensi servqual skor tertinggi menunjukkan angka 8,6 yaitu pada
dimensi empati (emphaty) dan skor terendah menunjukkan angka 4,0 yaitu pada
dimensi keandalan. Skor rata-rata keseluruhan tingkat harapan menunjukkan
angka 71,1 dan skor rata-rata keseluruhan tingkat persepsi menunjukkan angka
77,4. Skor rata-rata dari perhitungan rumus ServQual menunjukkan angka 6,6
yang dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagian rawat jalan di
Puskesmas Gladak Pakem adalah baik karena tingkat harapan lebih kecil daripada
tingkat persepsi.