PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN MITSUBISHI JEMBER
Abstract
Pelaku bisnis menyadari bahwa untuk mengembangkan dan
mempertahankan suatu bisnis, tidak hanya dengan mendapat pelanggan yang
banyak tetapi juga bagaimana caranya mendapatkan pelanggan, memeliharanya
dan mempertahankan pelanggan tersebut. Kesesuaian harapan konsumen dengan
produk, layanan maupun kenyaman hubungan bisnis yang diberikan perusahaan
kepada konsumen akan menciptakan kepuasan yang akan menjadi nilai positif
untuk perusahaan. Kepuasan konsumen haruslah menjadi sasaran utama yang
dibidik oleh pelaku bisnis, karena kepuasan konsumen itu pula akan melahirkan
sikap loyalitas yang tinggi pada diri pelanggan.
Pada penelitian ini menggunakan dua variabel yang dapat mempengaruhi
kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Mitsubishi Jember. Variabel bebas yang
pertama adalah Relationship Quality dan variabel kedua adalah kualitas layanan.
Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk menguji pengaruh
relationship quality dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan Mitsubishi Jember.
Penelitian ini adalah confirmatory research karena mengkonfirmasi
apakah variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini sesuai untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan Mitsubishi
Jember. .Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 104 responden dengan
menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan
analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa relationship quality tidak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Mitsubishi Jember, kualitas layanan
pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Mitsubishi
Jember.