PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KEPUASAN KERJA MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Guru diharapkan mampu membangun kompetensi dalam diri sehingga
mampu memberikan dan mewujudkan kinerja yang baik dalam pembangunan
nasional melalui anak didik. Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mayang juga
memiliki peran tersebut. Sekolah yang baik dilihat dari bagaimana kinerja
gurunya. Terdapat berbagai hal yang mampu mempengaruhi kinerja dari seorang
guru, didalam penelitian ini diantaranya adalah kepemimpinan, motivasi kerja,
dan kepuasan kerja. Adanya kepemimpinan, motivasi kerja dan kepuasan kerja
dapat menimbulkan tindakan OCB yang mampu meningkatkan kinerja dari guru
itu sendiri dan akan mempengaruhi kinerja di sekolah.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri yang
berada di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan mengambil
jumlah sampel sebanyak 60 responden. Metode analisis data menggunakan
Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian Kepemimpinan berpengaruh
terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang Kabupaten
Jember dengan arah positif; Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang Kabupaten Jember dengan arah positif;
Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Mayang Kabupaten Jember dengan arah positif; Kepemimpinan
berpengaruh terhadap kinerja guru melalui organizational citizenship behavior
(OCB) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang Kabupaten Jember; Motivasi
kerja berpengaruh terhadap kinerja guru melalui organizational citizenship
behavior (OCB) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang Kabupaten Jember;
Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru melalui organizational
citizenship behavior (OCB) pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang
Kabupaten Jember; Organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh
terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mayang Kabupaten
Jember dengan arah positif. Hasil tersebut dapat dilihat dalam pengujian koefisien
jalur.