PENGARUH CAFE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN KANTIN BERSAMA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan memilih pelanggan Kantin Bersama
Fakultas Ekonomi Universitas Jember dengan total 156 responden. Jenis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Cross-Section. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer
tersebut diperoleh dari jawaban dari kuisioner atas pertanyaan yang telah dibuat
oleh penelitian, dan data sekunder tersebut merupakan data tentang gambaran
umum Kantin Bersama Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Metode analisis
yang digunakan adalah analisis SEM (Structural Equation Model). Analisis data
dilakukan dengan melalui kegiatan : (1) Mengelompokkan data sejenis dalam
suatu tabel (tabulasi), (2) Menganalisis data dengan melakukan perhitunganperhitungan
mcnurut metode penelitian kuantitatif dengan tehnik analisis yang
akan digunakan adalah analisis regresi dengan konfirmatori dengan menggunakan
program software AMOS (Analysis Of Moment Structure)16.0.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap pelanggan, ternyata sebagian besar
responden memberikan penilaian yang sangat baik. Namun dengan deskripsi atas
indikator variabel yang diteliti, hanya memberikan informasi tentang seberapa
tinggi atau rendahnya pelanggan menilai atas apa yang mereka rasakan terhadap
kenyamanan cafe atmosphere yang diberikan oleh Kantin Bersama Fakultas
Ekonomi Universitas Jember. Dari hasil analisis Regresi Confirmatory, pada
penglihatan memiliki pencahayaan yang cukup di setiap stand dan pada saat
maakn/minum, pada sentuhan/touch memberikan kenyamanan ruangan di kantin
pada pelanggan, pada aroma/smell, udara di sekitar dan didalam kantin sejuk
sehingga pelanggan merasa nyaman berada di kantin, pada pendengaran/hearing
pelanggan merasa lebih nyaman untuk bersantap dan mengobrol karena suara
yang ada di kantin tenang, suhu/temperature suhu ruangan di kantin sejuk dan apa
yang dipesan oleh pelanggan sesuai,dan tempo/waktu memberikan pelayanan
yang cepat dalam penyajian makanan dan pelanggan cepat dalam menyantap
makanan karena lezat. Sesuai dengan hipotesis yang ada, enam variabel tersebut
berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Kantin Bersama Fakultas
Ekonomi Universitas Jember.