EVENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN BRAND IMAGE KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI EVENT BANYUWANGI FESTIVAL TAHUN 2013
Abstract
Penelitian ini berjudul “Event Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Brand Image Kabupaten Banyuwangi Melalui Event Banyuwangi Festival Tahun 2013”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Event Marketing Acara Olah Raga Banyuwangi Festival Tahun 2013 berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi, menguji Event Marketing Acara Pagelaran Budaya dan Seni Banyuwangi Festival Tahun 2013 berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi, dan menguji Event Marketing Acara Religi Banyuwangi Festival Tahun 2013 berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat asli Banyuwangi dan masyarakat luar kota Banyuwangi yang pernah menyaksikan atau ikut berpartisipasi dalam event Banyuwangi Festival Tahun 2013 di Kabupaten Banyuwangi berjumlah 32.468 orang, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Event Marketing Acara Olah Raga Banyuwangi Festival Tahun 2013 tidak berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi; 2) Event Marketing Acara Pagelaran Budaya dan Seni Banyuwangi Festival Tahun 2013 tidak berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi, dan; 3) Event Marketing Acara Religi Banyuwangi Festival Tahun 2013 berpengaruh positif terhadap Brand Image Kabupaten Banyuwangi.