PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN CORPORATE IMAGE DALAM MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PELANGGAN PASTA GIGI PEPSODENT DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan corporate social
responsibilitydancorporate image dalam mempengaruhi purchase intention.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social
responsibility, corporate image dan purchase intention. Responden yang
dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis structural equation modelling (SEM).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang peranancorporate social
responsibilitydancorporate image dalam mempengaruhi purchase intention
pelanggan pasta gigi Pepsodent, maka dapat diambil kesimpulan bahwa a.)
corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap corporate image
dengan arah positif, artinya corporate social responsibility yang diadakan oleh
Unilever sukses dan mampu memberi kesan corporate imageyang baik terhadap
orang yang telah berpartisipasi dalam periksa gigi gratis yang diadakan oleh
Unilever. b.) Corporate Social Responbilityberpengaruh signifikan terhadap
Purchase Intention dengan arah positif. Artinyacorporate social responsibility
yang diadakan Unilever sukses maka Purchase Intention pasta gigi Pepsodent
juga akan meningkat . c.) Corporate image berpengaruh signifikan terhadap
purchase intention dengan arah positif, artinya corporate image yang telah
dibangun oleh Unilever melalui berbagai macam produk salah satunya pasta gigi
Pepsodent telah sukses dan dikenal oleh kebanyakan masyarakat, sehingga
purchase intention pasta gigi Pepsodent terus meningkat.