PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK ATAS E- FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN INTENSITAS PERILAKU PENGGUNAAN E- FILING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Lembaga dan UPT Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi wajib pajak atas e-
Filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi melalui intensitas perilaku
dalam penggunaan e- Filing sebagai variabel intervening. Data penelitian ini
diambil melalui penyebaran kuesioner kepada wajib pajak orang pribadi di
Lembaga dan UPT Universitas Jember. Metode pengumpulan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Convenience Sampling. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi
kegunaan, persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib
pajak orang pribadi dan intensitas perilaku dalam penggunaan e- Filing. Hasil
analisis jalur menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan
berpengaruh secara langsung terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi tanpa
melalui intensitas perilaku dalam penggunaan e-Filing sebagai variabel
intervening.
Collections
- DP-Accounting [658]