DESAIN BALANCED SCORECARD PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VII MADIUN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah bentuk penilaian kinerja pada
perusahaan PT. Kereta Api Indonesia Daop VII Madiun dapat dirancang ke dalam
model Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Balanced
Scorecard sebagai alat ukur kinerja dari segi praktek akademisi sehingga peneliti
dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk melaksanakan pengukuran
kinerja menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan. Data yang digunakan dalam
penelitian adalah data primer yang bersumber dari wawancara pada kepala bidang
SDM dan asisten manajemen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun
yang berkaitan dengan model penilaian kinerja perusahaan menggunakan SIMAK.
Data sekunder yang digunakan adalah data KPI bulanan pada tahun 2013 serta
laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komperhensif PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) Daop VII Madiun tahun 2013. Teknik pemilihan sampel guna
memperoleh data dalam wawancara berkaitan dengan penilaian kinerja perusahaan
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun, peneliti menggunakan sampel
berdasarkan pertimbangan (Judgement Sampling) pada karyawan bagian keuangan
dan SDM pada perusahaan tersebut. Hasil penilaian kinerja pada PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) Daop VII Madiun dapat dirancang ke dalam model balanced
scorecard karena pada dasarnya bentuk penilaian kinerja pada perusahaan yaitu
SIMAK memiliki sistem penilaian yang sama namun kategori perspektif yang
digunakan lebih beragam. Kelebihan yang dimiliki oleh balanced scorecard
dibandingkan dengan SIMAK adalah dapat menganalisis strategi-strategi baru
berdasarkan penelitian menggunakan analisis SWOT.
Collections
- DP-Accounting [658]