INTERAKSI KOMUNIKATIF DALAM PELAYANAN PUBLIK DI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU POLRES JEMBER: SUATU STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi komunikatif antara
petugas pelapor menggambarkan adanya pola-pola komunikasi yang konsisten,
yang berkaitan dengan tiga hal berikut: (1) penggunaan struktur bahasa dan diksi
yang lugas sehingga memudahkan berlangsungnya interaksi dan pemahaman
bersama; (2) relasi interaktif-dialogis antara petugas dan pelapor; serta (3) secara
umum, urutan dan struktur informasi berbentuk kurva, yakni dari yang ringan,
agak ringan, dan ringan.
Berdasarkan uraian di atas, hasil studi ini menyimpulkan secara substantif
bahwa konteks interaksi komunikatif yang berkaitan dengan tujuan interaksi,
yakni menghimpun informasi secara maksimal dan memberikan pelayanan publik
yang baik merupakan faktor yang sangat penting dalam pembentukan pola-pola
komunikasi seperti tercermin dalam wacana percakapan. Pola-pola tersebut telah
memberikan sumbangan terhadap efektivitas pelayanan publik kepada pelapor
atau warga masyarakat.