• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X6 MAN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Leny Ocktalia - 100210402065_1.pdf (551.2Kb)
    Date
    2014-11-04
    Author
    Leny Ocktalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di MAN Bondowoso, dimulai pada tanggal 22 Februari 2014 untuk tahap observasi dan tanggal 16-24 Mei 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 44 siswa perempuan kelas X6. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi yaitu: (1) pada tahap think, siswa membaca teks bacaan dan menelaah (memikirkan) teks bacaan untuk menemukan kesalahan yang ada dalam teks bacaan baik dari segi diksi, ejaan, kalimat efektif, judul dan struktur karangan secara individu; (2) pada tahap talk, siswa berdiskusi dengan anggota kelompok untuk membahas hasil suntingan yang ditemukan saat proses think. Selanjutnya, siswa mempresentasikan hasil diskusi untuk menentukan ketepatan sturktur karangan, judul diksi, ejaan, dan kalimat efektif dalam teks bacaan; dan (3) pada tahap write, siswa menyimak video dan menentukan fakta-fakta dalam video. Selanjutnya, siswa menulis kerangka karangan dan mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi. Tahap write dilaksanakan pada pertemuan kedua setelah tahap think dan talk dilaksanakan pada pertemuan pertama. Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 71,52 pada siklus I menjadi 81,20 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 54,6% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 24 orang, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 20 orang. Pada siklus II, jumlah siswa yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 35 orang. Siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 9 orang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59928
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository