• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SOAL GEOMETRI PADA BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Syahroni - 100210101061_1.pdf (502.0Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Muhammad Syahroni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap soal khususnya di bidang geometri pada buku matematika kelas VII kurikulum 2013 berdasarkan tingkat berpikir teori van Hiele. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan deskriptor tingkat berpikir teori van Hiele yang awalnya penilaian terhadap siswa dikembangkan menjadi penilaian terhadap soal atau pertanyaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Waktu penelitian mulai dari mengklasifikasi soal dan analisis soal dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2014. Hasil penelitian menunjukkan 3,26% soal berada pada tingkat visualisasi, 80,93% soal berada pada tingkat analisis, 12,56% soal berada pada tingkat deduksi informal, dan 3,26% berada pada tingkat deduksi. Dari hasil tersebut maka persentase pertanyaan geometri pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 ini, kurang sesuai jika diberikan pada siswa SMP kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkat soal yang disajikan pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 tidak sesuai dengan tingkat berpikir siswa sehingga secara psikologis siswa merasa kesulitan dalam belajar. Soalsoal yang diperlukan untuk siswa kelas VII SMP adalah tingkat visualisasi, tingkat analisis dan tingkat deduksi informal belum diperlukan untuk soal-soal yang sudah berada pada tingkat deduksi. Pada buku siswa yang diteliti ini, terdapat soal pada tingkat visualisasi, tingkat analisis dan tingkat deduksi informal bahkan sudah mencapai tingkat deduksi, sehingga dapat dikatakan bahwa buku tersebut kurang baik untuk kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkatan soal yang disajikan pada buku ini terlalu jauh di atas tingkat berpikir siswa, maka akan sangat menyulitkan siswa dan terasa dipaksakan untuk siswa di keas VII.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59914
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository