• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nurcholillah Fitri Riskiyah - 100210102011_1.pdf (545.1Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Nurcholilah Fitri Riskiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai metode eksperimen kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah siswa 30 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah portofolio, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar dari kegiatan prasiklus hingga kegiatan siklus II. Peningkatan keterampilan proses sains pada siklus I ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,39 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,67 yang juga termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Metode Eksperimen mengalami peningkatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59898
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository