PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses
sains dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) disertai metode eksperimen kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3
Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah siswa 30 orang.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah portofolio, observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan
adanya peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar dari kegiatan prasiklus
hingga kegiatan siklus II. Peningkatan keterampilan proses sains pada siklus I
ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,39 yang termasuk dalam kategori
peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,67 yang juga termasuk dalam
kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I
ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori
peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori
peningkatan tinggi.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses
sains dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai
Metode Eksperimen mengalami peningkatan.