• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL TUGAS ANALISIS WACANA KEJADIAN FISIKA DENGAN EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ita Wahyuni - 100210102048_1.pdf (795.2Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Ita Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Kemudian desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Control group pre-test post-test. Dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 3 kali pembelajaran dan 3 kali analisis. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan presentase aktivitas siswa dan uji Independent samples t tes dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan uji Independent samples t tes dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis aktivitas belajar siswa (kognitif proses dan psikomotor) diperoleh pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 78.4%, 80.1%, 85.5% dan jika dirata-rata sebesar 81.3%. Jika disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka termasuk pada kriteria sangat aktif. Hasil analisis Independent-Sample Ttest untuk menguji hipotesis 1 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.014 (pertemuan 1), 0.012 (pertemuan 2) dan 0.008 (pertemuan 3). Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (pvalue) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0.007 (pertemuan 1), 0.006 (pertemuan 2), dan 0.004 (pertemuan 3). Karena Sig. (1-tailed) = 0.007, 0.006, dan 0.004 lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model tugas analisis wacana kejadian fisika dengan eksperimen berpengaruh signifikansi terhadap aktivitas belajar siswa di SMA. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.048 (pertemuan 1), 0.023 (pertemuan 2) dan 0.005 (pertemuan 3). Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga pvalue sebesar 0.024 (pertemuan 1), 0.0115 (pertemuan 2), dan 0.0025 (pertemuan 3). Karena Sig. (1-tailed) = 0.024, 0.0115, dan 0.0025 lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model tugas analisis wacana kejadian fisika dengan eksperimen berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model tugas analisis wacana kejadian fisika dengan eksperimen berpengaruh signifikansi terhadap aktivitas belajar siswa di SMA, dan (2) model tugas analisis wacana kejadian fisika dengan eksperimen berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59896
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository