PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh positif strategi
pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan
hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar semester genap tahun
ajaran 2013/2014. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket motivasi
ARCS pada awal dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung
dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS.
Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan pre-test dan posttest,
kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dengan menggunakan uji One
Sample Kolmogorov Smirnov dan dilanjutkan dengan menggunakan uji ANAKOVA.
Hasil belajar ranah afektif penilaiannya dilakukan oleh observer tiap pertemuan baik
itu kelas kontrol dan eksperimen. Selanjutnya data itu diuji dengan menggunakan uji
normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji ANAKOVA.
Analisis motivasi belajar siswa terdiri atas aspek Attention, Relevance,
Confidence, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa
strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh
sangat signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Attention, berpengaruh sangat
signifikan (p = 0,004) terhadap motivasi aspek Relevance, berpengaruh sangat
signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Confidence, dan berpengaruh sangat
signifikan (p = 0,002) terhadap motivasi aspek Satisfaction. Hal itu dikarenakan
strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar di dalamnya
terdapat unsur permainan yang dapat memotivasi siswa untuk belajar.
Analisis hasil belajar siswa terdiri atas ranah kognitif dan afektif. Strategi
pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh signifikan
(p = 0,043) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, dengan selisih rerata kelas
eksperimen (39,74) lebih besar daripada kelas kontrol (35,38) dan berpengaruh sangat
signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif (p = 0,003), dengan selisih rerata kelas
eksperimen (14,8) lebih besar daripada kelas kontrol (9,05). Hal itu dikarenakan
motivasi siswa yang besar untuk belajar sehingga hasil belajar siswa juga akan
meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran
Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar
biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014.