Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (4E) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPA Biologi (Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 9 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (4E) pada pelajaran IPA
biologi siswa kelas VIIE SMP Negeri 9 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SMP Negeri 9 Jember, dimulai pada tanggal 22 April 2014 sampai tanggal 20 Mei 2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas SMP Negeri 9 Jember dengan jumlah siswa 30 siswa, terdiri atas 15 laki-laki dan 15 perempuan.
Aktivitas maupun hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (4E) mengalami peningkatan dari tahap pra siklus hingga siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa didapat dari hasil observasi dengan aktivitas yang diamati antara lain membaca refrensi, aktif dalam kegiatan diskusi, memperhatikan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil ulangan harian sebelum ditentukannya kelas tindakan dengan ulangan harian tiap akhir siklus. Berdasarakan hasil observasi pada saat proses pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa, yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata persentase aktivitas belajar siswa klasikal 53,14% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I memiliki rata-rata persentase klasikal 63,08% dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II memiliki rata-rata persentase klasikal 75,38% dengan kriteria aktif.
Sedangkan hasil belajar aspek kognitif yang didapatkan dari data ulangan harian akhir siklus menunjukkan bahwa pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 6,67%, siklus I memiliki persentase 43,33% dan siklus II memiliki persentase sebesar 70%. Pada hasil belajar aspek afektif secara klasikal pada siklus I sebanyak 75,33%, dan meningkat pada sklus II menjadi 77,46%. Pada hasil belajar aspek psikomotorik menunjukkan secara klasikal siswa yang semakin meningkat dengan persentase 71,67% pada siklus I pertemuan 2 dan meningkat menjadi 77,5% pada siklus II pertemuan 2.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan praktisi (guru) dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Leraning Cycle (4E) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran biologi siswa kelas VIIE SMP Negeri 9 Jember. Setelah adanya penelitian tersebut, praktisi menyarankan kepada guru bidang studi untuk menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi, dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang lebih tinggi dan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat, sehingga pemahaman siswa terhadap materi dapat lebih mudah.