• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JENGGAWAH

    Thumbnail
    View/Open
    FITRIA FATMAWATI - 100210103081_1.pdf (711.4Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    FITRIA FATMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kelayakan buku siswa yang dikembangkan, (2) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan buku siswa yang dikembangkan, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan buku siswa yang dikembangkan. Penelitian dilakukan pada kelas VII A SMP Negeri 2 Jenggawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa, hasil penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa, hasil belajar kognitif dan afektif, serta hasil pengisian angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata validasi buku siswa berbasis Problem Based Learning oleh tiga ahli dan tiga pengguna mencapai 76,67% dan 90,62%, artinya buku siswa yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan sangat layak. Rata-rata hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa dengan responden sembilan siswa memperoleh persentase sebesar 84,41% yang artinya buku siswa termasuk dalam kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap buku siswa yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 81,53% yang artinya siswa merespon positif buku siswa yang dikembangkan. Adapun hasil uji coba buku siswa berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 13,68 dengan persentase peningkatan mencapai 38,74% serta persentase peningkatan hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif sebesar 60,54% dan 16,30%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59871
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository