dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendekatan personal terhadap kecerdasan emosi dan hasil belajar siswa CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) pada mata pelajaran IPA (kelas VII semester genap di SMP Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2013/ 2014). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Jember kelas VII CIBI.
Hasil pendekatan personal diperoleh dengan menggunakan tabel indikator pendekatan personal dan hasil kecerdasan emosi didapat melalui hasil angket EQ adaptasi dari Harry Alder. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis Uji korelasi Pearson untuk menentukan besarnya tingkat hubungan antara pendekatan personal terhadap kecerdasan emosi siswa dan hasil belajar dengan bantuan software SPSS 17,0.
Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson hubungan pendekatan personal terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,045. Hasil signifikansi 0,045 dan lebih kecil dari 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada hubungan antara pendekatan personal terhadap hasil belajar siswa. Apabila dilihat pada korelasi Pearson (tingkat hubungan) menunjukkan nilai 0,525, sehingga korelasinya sedang yaitu sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa 0,4 < r ≤ 0,6 menunjukkan korelasi yang sedang. Adapun untuk hubungan pendekatan personal terhadap kecerdasan emosi siswa menunjukkan niliai signifikasi sebesar 0,006. Hasil signifikansi 0,006 dan lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan antara pendekatan personal terhadap kecerdasan emosi siswa. Apabila dilihat pada korelasi Pearson (tingkat hubungan) menunjukkan nilai 0,670 sehingga korelasinya cukup tinggi yaitu sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa 0,6 < r ≤ 0,8 menunjukkan korelasi yang cukup tinggi.
Penelitian yang telah dilakukan ini membuktikan bahwa pendekatan personal yang dilakukan oleh guru terhadap siswa dapat mempengaruhi hasil belajar dan kecerdasan emosi siswa. | en_US |