• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 1 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Warid Fadlillah Faqih - 100210302008_1.pdf (230.6Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Warid Fadlillah Faqih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengkaji adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri I Tanggul dengan penerapan Isu Kontroversial pada pembelajaran sejarah; 2) Mengkaji adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri I Tanggul dengan penerapan Isu Kontroversial pada pembelajaran sejarah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tangggul, dengan jumlah 30 peserta didik. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). menggunakan skema dari Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas peserta didik masih malu-malu, takut dan ragu, sedangkan pada siklus II peserta didik sudah mampu untuk bertanya, berpendapat, menyimpulkan dan merefleksiakan tetapi masih belum optimal, dan pada siklus III peserta didik mampu untuk bertanya, berpendapat dan merefleksi. Pada peningkatan rata-rata hasil belajar sejarah pada siklus I 70,93 meningkat 8,85% dari hasil belajar kogitif pra siklus 65,17%. Pada siklus II 76,23 meningkat 7,47% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 79,3 meningkat 4,02% dari hasil belajar kogitif siklus II. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran isu kontroversial di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tanggul; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran isu kontroversial di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tanggul yaitu pada siklus I, II, III.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59856
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15331]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail