• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X6 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Renny Eka Prasetya - 100210302010_1.pdf (261.6Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Renny Eka Prasetya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X6 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMAN 1 Pakusari Melalui Pemanfaatan Media Teknologi Web Blog; (2) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X6 Pada Mata Pelajaran Sejarah Sman 1 Pakusari Melalui Pemanfaatan Media Teknologi Web Blog. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Pakusari, dengan jumlah 35 siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). menggunakan skema dari Kemmis dan Mc. Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I keaktifan siswa saat bertanya masih malu-malu dan masih ragu dengan jawabannya, sedangakan pada siklus II siswa sudah tidak malu untuk bertanya akan tetapi masih belum optimal, dan pada siklus III siswa mulai tidak malu dan tidak ragu dalam bertanya. Siswa sudah mampu memahami materi dengan cukup baik sehingga siswa dapat menganalisis soal yang telah diberikan oleh guru pada saat pelaksanaan pembelajaran. Pada peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus I 75,8% meningkat 9,3% dari hasil belajar kogitif pra siklus 69,31%. Pada siklus II 80,85% meningkat 6,65% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 83,25% meningkat 2,9% dari hasil belajar kogitif siklus II. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan keaktifan siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran teknologi web blog di kelas X6 SMA Negeri 1 Pakusari; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran teknologi web blog di kelas X6 SMA Negeri 1 Pakusari yaitu pada siklus I, II, III.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59851
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository