• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X-IIS 2 SMAN KUNIR-LUMAJANG TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    RADNA DWI ASTUTI - 100210302041_1.pdf (353.9Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Radna Dwi Astuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir, dengan jumlah 33 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart berbentuk spiral dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik mendapat skor 2,81 dengan kriteria sedang, meningkat sebesar 0,64 pada siklus 2 menjadi 3,45 dengan kriteria tinggi. Pada siklus 3 meningkat lagi sebanyak 0,43 dari 3,45 menjadi 3,88 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar (kognitif) peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 hasil belajar peserta didik memperoleh ketuntasan 72,73% meningkat 12,12% pada siklus 2 dengan ketuntasan sebesar 84,85%. Pada siklus 3 meningkat lagi dengan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94,94%. Aspek psiomotorik dinilai dari tulisan yang dihasilkan peserta didik pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 73,33%. Pada siklus 2 memperoleh persentase sebesar 79,24% sehingga meningkat sebanyak 5,81%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 1,97% menjadi 81,21%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014; (2) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59850
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository