PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MENGGUNAKAN MODEL ASSURE
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang merupakan suatu
rangkaian proses yang digunakan untuk mengembangkan suatu produk baru atau
memperbaiki produk yang telah ada sebelumnya. Dalam mengembangkan suatu
produk, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
desain pembelajaran ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yakni: (1) analisis
peserta didik; (2) merumuskan tujuan pembelajaran dan kompetensi; (3)memilih
metode, media dan bahan pembelajaran; (4) menggunakan media dan bahan
pembelajaran; (5) mengaktifkan keterlibatan peserta didik; (6) evaluasi dan revisi.
Produk yang telah dihasilkan berdasarkan tahapan proses dalam model
desain pembelajaran ASSURE diatas, kemudian di uji cobakan. Hasil uji coba
menunjukkan bahwamedia animasi dengan Macromedia Flash pada pembelajaran
sejarah berdasarkan penilaian ahli media pembelajaranberada pada kualifikasi
cukup dengan persentase penilaian sebesar 68%, hasil peniliaian ahli isi materi
pembelajaranmenunjukkan 78,33% media pembelajaran ini berada pada
kualifikasi baik serta 76% hasil penilaian ahli bahasa menunjukkan bahwa media
pembelajaran ini berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil
dengan responden peserta didik kelas X MIPA 4 menujukkan 80,11% media
pembelajaran yang telah direvisi berada pada kualifikasi baik serta hasil uji coba
lapangan dengan responden pendidik menunjukkan 88% media
pembelajaranberada pada kualifikasi sangat baik serta 81,3% hasil penilaian
peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi
baik.
Kesimpulan yang dapat diambil secara garis besar dalam penelitian ini
adalah media animasi dengan Macromedia Flash dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif bagi pendidik pada mata pelajaran sejarah dalam memvariasiakan
pembelajaran yang digunakan. Selain itu desain animasi pada media pembelajaran
ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah materi pembelajaran sejarah agar
lebih menariksesuai dengan karakteristik peserta didik dan alokasi waktu dalam
pembelajaran sejarah.Adapun saran yang hendak penulis kemukakan bahwamedia
pembelajaran dalam bentuk media animasi Macromedia Flash dapat dimanfaatkan
sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran sejarah guna melengkapi
media pembelajaran lainnya baik berupa berupa buku, lembar kerja siswa, peta
dan lain sebagainya.