• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Betha Dian Permana - 0902100302008_1.pdf (50.53Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    BETHA DIAN PERMANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ada peningkatan. Pada siklus I aspek kemampuan berpikir kritis memperoleh ketuntasan klasikal 23,52%, dinyatakan berpikir kritis rendah dan belum tuntas secara klasikal karena terdapat 8 peserta didik dengan nilai > 75 dan 26 peserta didik dengan nilai < 75. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis secara klasikal 47,05%, dinyatakan berpikir kritis rendah. Peserta didik berpikir kritis sebanyak 16 dan dinyatakan berpikir kritis rendah karena 18 peserta didik dengan nilai < 75 dan 16 dengan nilai > 75, secara klasikal belum tuntas karena belum mencapai 75% dari skor maksimal 100%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis secara klasikal pada siklus III mencapai 70,58%, Dinyatakan berpikir kritis sedang dan dinyatakan belum tuntas secara klasikal. Pada siklus I peningkatan aspek kognitif 74,47%, aspek afektif 62,90%. Pada siklus II peningkatan aspek kognitif 75,52%, aspek afektif 70,91%. Pada siklus III peningkatan aspek kognitif 77,11%, aspek afektif 79,57%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran sejarah; (2) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode DDCT dalam proses pembelajaran di Kelas XI IPS 2 SMAN 5 Jember yaitu pada siklus I, II, dan III.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59831
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository