• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XH MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Alfianita Imansari - 100210302076_1.pdf (367.1Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Alfianita Imansari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XH MAN 2 Jember, sejumlah 36 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah. Peningkatan kreativitas pada siklus 1 = 65,79%, meningkat 10,81% dari kreativitas pra siklus 59,37%, pada siklus 2 = 73,09% meningkat 11,09% dari kreativitas siklus 1, pada siklus 3 = 76,90% meningkat 5,21% dari kreativitas siklus 2. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 = 74,88, meningkat 4,77% dari hasil belajar kognitif pra siklus 71,47, pada siklus 2 = 78,33 meningkat 4,60% dari hasil belajar kogitif siklus 1, pada siklus 3 = 80,55 meningkat 2,83% dari hasil belajar kogitif siklus 2. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1, pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotorik memperoleh persentase klasikal 63,19%, pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 73,14% sehingga meningkat 15,74%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 79,16% meningkat 8,23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas XH MAN 2 Jember; (2) penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XH MAN 2 Jember. Peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59828
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository