• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Agi Ma'ruf Wijaya - 100210302020_1.pdf (462.2Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Agi Ma’ruf Wijaya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada kegiatan siklus 1 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 2,84. Pada siklus 2 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 3,44 meningkat 22,42. Pada siklus 3 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 3,81 meningkat 10,75. Pada hasil belajar kegiatan siklus 1 aspek kognitif memperoleh persentase sebesar 70,96%, pada siklus 2 memperoleh persentase 80,64% meningkat 8,33%, dan pada siklus 3 memperoleh persentase 90,32% meningkat 8,40%. Pada siklus 1 aspek psikomotor memperoleh skor 2,92, pada siklus 2 memperoleh skor sebesar 3,14 meningkat 7,53, pada siklus 3 memperoleh skor 3,25 meningkat 3,50. Kesimpulan hasil penelitian (1) Penerapan strategi pembelajaran ROPES dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2013/2014; (2) Penerapan strategi pembelajaran ROPES dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2013/2014. Peneliti memberikan beberapa saran sebagi berikut (1) Bagi guru sejarah, sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang dapat berguna dan digunakan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian pembelajaran dengan strategi pembelajaran (ROPES) pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59827
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository