PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar
peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada kegiatan siklus 1 motivasi belajar
peserta didik memperoleh skor 2,84. Pada siklus 2 motivasi belajar peserta didik
memperoleh skor 3,44 meningkat 22,42. Pada siklus 3 motivasi belajar peserta
didik memperoleh skor 3,81 meningkat 10,75. Pada hasil belajar kegiatan siklus 1
aspek kognitif memperoleh persentase sebesar 70,96%, pada siklus 2 memperoleh
persentase 80,64% meningkat 8,33%, dan pada siklus 3 memperoleh persentase
90,32% meningkat 8,40%. Pada siklus 1 aspek psikomotor memperoleh skor 2,92,
pada siklus 2 memperoleh skor sebesar 3,14 meningkat 7,53, pada siklus 3
memperoleh skor 3,25 meningkat 3,50.
Kesimpulan hasil penelitian (1) Penerapan strategi pembelajaran ROPES
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2013/2014; (2)
Penerapan strategi pembelajaran ROPES dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap
tahun ajaran 2013/2014. Peneliti memberikan beberapa saran sebagi berikut (1)
Bagi guru sejarah, sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta
didik. (2) Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah
masukan yang dapat berguna dan digunakan sebagai umpan balik bagi
kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan
kegiatan pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih
mengembangkan penelitian pembelajaran dengan strategi pembelajaran (ROPES)
pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu
yang lama.